Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Thursday, 3 September 2009

Ekonomi Hijau

toto zurianto

Kenapa kita perlu menyelamatkan bumi? Karena selama ini, pola hidup kita, atau upaya memudahkan cara kita hidup, dilakukan dengan cara-cara yang sangat tidak hemat energi. Berbagai temuan teknologi yang memudahkan dan menyamankan hidup manusia, terutama dilakukan dengan menggunakan energi yang luar biasa banyaknya. Padahal sebagian besar energi itu sangat tidak terbaharui dan boros penggunaannya, serta memberikan dampak yang negatif bagi kehidupan bumi kita. Kini, di beberapa tempat, muncul kesadaran di diri manusia untuk menghambat kerusakan di bumi.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi kita dari kerusakan;
Pertama, ganti bola lampu pijar dengan lampu hemat energi. Tidak diragukan, lampu pijar (LPj) sangat boros energi, bahkan kurang terang dibandingkan dengan lampu hemat energi (LHE). Jangan khawatir, harga LHE saat ini tidak lagi mahal padahal dapat digunakan jauh lebih lama dibandingkan LPj.
Dua, matikan peralatan elektronik (appliances) ketika anda tidak menggunakannya. Bahkan jangan biarkan dalam kondisi standbye.
Tiga, lakukan kebijakan recycle! Ini tidak mudah, tetapi bisa dilakukan.
Empat, kalau ke super market, bawa keranjang. Kurangi menggunakan plastik pembungkus!
Post a Comment