Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Monday, 28 September 2009

Kembali ke Medan

toto zurianto

Hampir setiap lebaran, setidak-tidaknya sekali dalam 2 tahun, kami berlebaran di Medan. Bagi "orang Medan" yang lama dirantau, atau termasuk pengunjung yang hanya sekali-sekali ke Medan, Medan sangat terkenal dengan "makanannya" yang nikmat, agak pedas, kaya bumbu, dan "lomak" rasonyo! Umumnya tempat makanan yang sederhana menjadi pilihan utama, bukan Restaurant mewah di Hotel Berbintang! Bahkan makanan di rumah sendiri, biasanya dikangenin, dan sedap kali!

Kalau untuk sarapan pagi, umumnya banyak yang suka "lontong Medan", ketupat sayur yang banyak di jual di warung pinggir jalan di seluruh penjuru kota. Ciri utamanya, tentu saja sambal tauco cabe hijau yang pedas dan "wangi" pete yang nikmat! Kalau bosan dengan Lontong Sayur, kita bisa menikmati Soto Medan dengan kuah santan warna kuning, pilihan kita terutama adalah daging sapi atau campur (jeroan) yang aduhai. Bolehlah kita sejenak melupakan kolesterol untuk menikmati Soto yang Dahsyat ini.