Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Wednesday, 3 April 2013

Memimpin; Memahami dan Berbuat sesuatu yang lebih baik

toto zurianto

Memimpin sebuah organisasi, lembaga pemerintah, bagian kecil dari suatu institusi, atau sekedar kelompok pengajian atau diskusi kecil di perkampungan, esensiya sama. Selalu berkeinginan kuat untuk melakukan sesuatu yang lebih baik, yang berbeda dari yang selama ini dijalankan, atau pelakuka  terobosan untuk menciptakan hasil terbaik yang diakui lingkungannya dan masyarakat.

Karena itu, memimpin tidaklah mudah. Kita dituntut untuk memberi perbedaan dari suatu keadaan tertentu. Banyak hal yang dipersiapkan. Kita perlu terlebih dahulu memahami resources dan potensi memungkinkan yang secara maksimal bisa kita dapatkan. Orang orang yang ada di bawah kendali atau kekuasaan kita, haruslah kita pahami secara mendalam, bagaimana potensinya secara individual, cara kerjanya, atau style dan  mungkin kekurangannnya perlu pula kita antisipasi.

Inilah proses awal yang dilakukan secara serius. Tidak pernah hanya sekedar tahu. Lakukan assessment sederhana, atau bisa juga menggunakan cara yang lebih ilmiah. Tapi intinya, kita perlu memahami segala hal secara maksimal yang bisa kita dapatkan dari team member kita.