Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Tuesday, 7 May 2013

Kepemimpinan, Perlu memperhatikan Kepentingan Nasional

toto zurianto


Kepemimpinan seperti apa yang diharapkan muncul di Indonesia dalam rangka membangun masyakat dan bangsa Indonesia dewasa ini? Secara universal, tentu saja, pemimpin yang visioner, mampu mewujudkan objektifnya, dan tegas terhadap praktek KKN. 

Tetapi disamping itu, ada beberapa situasi yang selalu harus dipertimbangkan yang kini menjadi tuntutan masyarakat dunia, yaitu; terciptanya iklim demokrasi di bidang politik dan ekonomi, keterbukaan (transparency), pengaruh teknologi dan sistem informasi yang bergerak cepat, kesadaran akan lingkungan yang sehat dan sustain (green economy), dan adanya batas-batas negara yang semakin tidak terlihat (borderless world). Lalu di dalam negeri, Pemimpin nasional dituntut menjaga setiap transaksi ekonomi Indonesia, jangan sampai tidak memperhatikan kepentingan nasional kita (national interest).

Perwujudan dari upaya memperhatikan kepentingan nasional tidak diartikan bahwa Indonesia akan menjalankan sistem ekonomi yang lebih tertutup, tetapi berusaha secara fair menjadi bagian dari masyarakat internasional yang sekaligus menjaga keseimbangan agar setiap transaksi ekonomi yang ada di Indonesia, atau melibatkan sumber daya nasional Indonesia, mampu memberikan stimulasi ekonomi kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.
Pemimpin nasional perlu memperhatikan bahwa setiap aktivitas ekonomi Indonesia, mutlak tidak membuat masyarakat Indonesia menjadi tetap sengsara dan tidak terangkat kesejahteraannya. 
Aktivitas atau transaksi ekonomi di Indonesia sepatutnya selalu mampu membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus dapat menjaga kekayaan sumber daya alam Indonesia secara baik dan sustain.