Sunday 10 June 2018

TEKNOLOGI SUDAH DI RUMAH KITA

toto zurianto


Mengutip Kelly (IBM) seperti yang disebutkan Thomas L. Friedman dalam bukunya Thank You for Being Late; An Optimist’s Guide to Thriving In the Age of Accelerations (2016), kini sebuah teknologi benar-benar sudah berada pada pencapaian yang luar biasa. Perkembangannya tidak bisa ditunggu. Sama ketika anda membaca kaca spion pada mobil anda yang tertulis, “objects in your rear view mirror are closer than they appear”.
Jangan  dipikir masih jauh. jangan bilang "Belanda masih jauh". Mereka sudah sangat dekat. Sesuatunya sudah kelihatan dan dirasakan. Karena dia sudah sampai di rumah kita. Sebuah kisah yang disampaikan Thomas L. Friedman (Penulis The World Is Flat) mengenai Tom Wujec, seorang peneliti yang kesehariannya memanfaatkan software Autodesk dan Global Leader Disain 3Dimensi, khususnya di bidang engineering dan software entertainment.
Tom Wujec bercerita tentang kegiatan penelitiannya di Kanada sekitar tahun 1995 sebagai seorang Creative Director Royal Ontario Museum. Mereka ketika itu sedang membuat model asli dinosaurus yang disebut “Maiasaura”. Pekerjaan itu sungguh luar biasa sulitnya. Mereka perlu mendatangkan material sejenis kayu besi seberat 2 ton atau sekitar ukuran 2 mobil Jeep dari kawasan hutan ke lokasi museum di kota. Kemudian dibuatlah prototype Maiasaura, dinosaurus jenis Cecak Raksasa (mother lizard), baik dengan ukurran dewasa, maupun ukuran bayi. Selama sekitar 2 tahun dengan biaya lebih dari ½ juta dollar, mereka membuat banyak percobaan, sehingga hewan dinosaurus itu bisa digerakan sebagaimana aslinya, baik berdiri, berjalan, makan, atau berkomunikasi. Banyak tehnik yang digunakan dengan berbagai software, animasi, yang melibatkan banyak ahli.
Tapi kini dengan dukungan teknologi dan dunia digital, untuk menghasilkan model digital dari dinasaurus Maiasaura bisa dilakukan dalam beberapa menit. Bahkan sambil minum kopi, kita bisa memproduksi model tersebut dengan biaya yang sangat murah, bahkan gratis. Kita hanya memerlukan sebuah smartphone saja, dan hasilnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan yang pernah dilakukan Wujec lebih 20 tahun yang lalu yang menghabiskan uang sekitar ½ juta dollar dalam 2 tahun.
Apa yang kita lihat dari dua situasi yang berbeda ini?  Kita telah menempatkan teknologi menjadi bagian penting dari sebuah perubahan besar. Kita telah mencapai tahapan yang luar biasa yang tidak kita kenal sebelumnya. Tahapan ini yang kita kenal sebagai Revolusi Industri ke-4. Kecanggihan di bidang teknologi digital, perhitungan (computation), penyimpanan (storage), networking, dan software system, membuat dunia menjadi berubah pada situasi yang sulit kita bayangkan bentuknya. Hanya dalam waktu 2 dekade, sebuah proyek raksasa dengan menggunakan resources besar, kini bisa dilakukan hanya dalam beberapa menit. Itulah sebuah revolusi yang akan mengubah cara manusia demikian siknifikan.
Bagaimana Dunia Keuangan
Saya ingin mengatakan, pada kurun yang tidak terlalu lama lagi, kegiatan lembaga keuangan yang tradisionil, tidak lagi bisa beroperasi secara sendiri. Banyak perubahan yang harus dilakukan. Secara umum ciri lembaga keuangan yang ada sekarang ditandai oleh sebuah sistem formalitas yang kaku dengan dukungan sistem hukum tertulis yang harus dipenuhi, ke depan perlu dicari penyesuaiannya. Kegiatan pinjam meminjam dari surplus spending unit ke pihak deficit spending unit, yang biasa dilakukan melalui mekanisme dan perhitungan yang rumit, pasti menghadapi persaingan melalui cara yang lebih simpel. Kecepatan menjadi pertimbangan penting. Tidak mungkin mempertahankan kekakuan dan kerumitan yang sangat birokratis. 
Kini, dan ke depan di era digital, semua transaksi bisnis keuangan, akan banyak dilakukan secara lebih praktis dan cepat. Kelambatan yang bertele-tele dan Kekakuan yang birokratis dari sebuah sistem keuangan tradisionil, akan semakin ditinggalkan.

No comments: