Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Wednesday, 14 January 2015

KPK Menantang Presiden

toto zurianto

Berita hangat minggu ini adalah ketika KPK, Selasa 13 Januari 2015 menetapkan seorang perwira tinggi Polisi yang dicalonkan Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menjadi tersangka. Komisaris Jenderal (Komjen) Budi Gunawan yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol) yang sebelumnya pernah dicalonkan Jokowi menjadi salah seorang Menteri pada Kabinet JKW-JK, diusulkan sejak Jumat lalu untuk menggantikan pejabat Kapolri sekarang Jenderal Polisi Sutarman yang sebenarnya masih belum pensiun hingga Oktober 2015.
Kalau menurut Tjipta Lesmana (Sindo, 14 Januari 2015), ini sebuah duel terbuka, dimana terlihat seolah-olah, KPK sedang menantang Presiden. Tetapi, apakah kini DPR yang berencana melakukan proses Fit and Proper Test terhadap Budi Gunawan, tetap akan menjalankan tugasnya dan tenang-tenang saja sementara lembaga hukum yang lebih dipercaya, seperti KPK sudah menetapkan status hukum dari calon Kapolri? Kita tunggu kelanjutan c erita ini. Bagi masyarakat, hanya satu permintaan. Jangan sampai orang yang seharusnya kita respect, akhirnya tidak mampu mempertahankan reputasinya. Jangan sampai lembaga kepolisian harus menanggung aib karena perbuatan sebagian kecil anggotanya.