Sunday 11 December 2016

Alan Greenspan, Legenda

toto zurianto

Sebuah buku tentang Alan Greenspan, mantan pemikir utama Ekonomi Amerika, juga menjabat Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat dalam beberapa periode. Karirnya dimulai, bahkan dari zaman Presiden Richard M. Nixon. Lalu pada masa Presiden Gerald Ford yang menggantikan Nixon setelah skandal Watergate. Dia tetap menjadi orang penting pada era setelah itu, tidak hanya di masa kekuasaan di bawah Partai Republik, juga di masa Partai Demokrat.



Alan Greenspan tercatat sebagai salah satu tokoh dan ekonom penting selama hampir 40 tahun. Terlibat dalam beberapa peristiwa penting, krisis ekonomi dunia dan tentunya perekonomian Amerika Serikat yang bergerak pasang surut.
Mari menikmati buku setebal 781 halaman (termasuk indeks) ini. Buah karya Sebastian Mallaby, penting dan menarik. Sebenarnya buku ini dibagi atas 3 Buku, Buku I tentang Ideologue yang membahas tentang the Feeling of the Conqueror, The UN-Keynesian, The Rebirth of Money, AYN Rand's Undertakler, dan Against the new Frontier.
Lalu pada Buku II (Bab 6 sampai dengan Bab 14), membahas tentang peristiwa dan pemahaman poliotik Alan Greenspan melalui Buku The Politician. Buku II diawali dengan bab tentang A Libertarian For Nixon, dan berakhir pada bab tenang Without the Cigar.
Selanjutnya Buku terakhir, Buku III mengambil judul tentang masa-masa penting peran Alan sebagain seorang Gubernur Bank Sentral. Buku III berjudul The Central Banker. erm,asuk sal;ah satu yang membuat rakyat Amerika merasa aman berada pada bab 24 mulai halaman 528, "Uncle Alan Will Take Care of Us".
Mari menikmati buku sangat tebal ini. Mungkin banyak hal yang bisa kita pelajari, untuk perekonomian (Indonesia) yang lebih baik.


No comments: