Tuesday 27 December 2016

Menjelang Akhir Tahun

toto zurianto

Hanya tinggal beberapa hari lagi kita akan meninggalkan tahun 2016. Banyak yang sudah dilalui. Di pekerjaan, di rumah, atau di jalan-jalan, kita mempelajari banyak hal. Ada pencapaian-pencapaian, tetapi cukup banyak yang harus disempurnakan, dimulai, atau diperbaiki. Ada hal-hal yang seharusnya bisa dihindari, tidak dilakukan, atau dilakukan dengan cara yang lebih baik. Itulah perjalanan yang selalu punya warna. Kadang kita mengambil keputusan yang tidak perlu. Terlalu terburu-buru, atau tidak begitu jelas dasar pemikirannya. Kenapa harus melakukan ini, kenapa bukan yang itu. Pilihan yang dibuat, sering tidak terlalu bagus. Bahkan kelihatan agak naive!

Inilah perjalanan. Bukan bodoh, tetapi memang kita harus melakukan yang seperti itu. Perjalanan tidak harus berlalu dengan sempurna. Perjalanan yang tepat waktu, tepat sasaran, juga efisien, bukan sesuatu yang selalu harus kita lakukan. Dengan adanya hambatan, kita mempunyai banyak pengalaman dan memberikan pilihan-pilihan alternatif.

Tahun depan, kita harus melakukan dengan lebih baik. Mungkin selalu harus belajar, melihat yang baru, membaca. Di dalam pekerjaan, selalu melahirkan hal-hal baru. Kita harus mempelajarinya. Jangan sampai tertinggal dan ketinggalan. Bukan saja akan mengganggu lingkungan dan membuat kita kelihatan bodoh, juga membuat pekerjaan menjadi lebih lama. Kita perlu untuk selalu melangkah ke depan. Mencari hal baru dengan pendekatan baru. Jangan sampai kita selalu terkejut dan heran. Mari mencari, memperbaiki, dan menciptakan hal-hal yang lebih baik. Jangan pernah berhenti. Selalu belajar dan melihat hal yang belum terlihat.


Perubahan; mencari sesuatu yang baru yang lebih baik dan lebih bermanfaat



No comments: