Wednesday 2 May 2018

Selalu Ada Jalan Lain

toto zurianto


Ketika akhirnya sampai kepada sudut jalan yang tertutup, tidak ada jalan lagi. Kita perlu kembali, mencari pintu baru, mencari jalan lain yang memungkinkan untuk di tempuh. Perjalanan tidak selalu nikmat dan bisa dijalani secara lancar. Kadang-kadang, selalu ada hambatan, ada krikil, ada batu besar, ada pepohonan yang membuat kita tidak bisa melanjutkan langkah.

Tetapi langkah seharusnya tidak boleh berhenti. Tidak ada jalan yang tidak bisa dilalui. Tidak ada tujuan yang tidak mungkin dijalani. Mungkin tidak harus pada jalan yang sama, mungkin harus melakukan perjalanan ulang, kembali ke titik permulaan. Selalu ada bimbingan untuk mencari jalan dan mencari jalan yang lain. Tuhan selalu ada disamping kita, pada diri kita, pada gerakan langkah kita untuk menerobos hambatan, mencari jalan yang lain. 
Hambatan juga atas kehendakNya. Ada hal yang dilakukan untuk kita, agar kita memiliki banyak cerita dan pengalaman. Tidak ada yang berjalan tanpa tujuan. Kita harus memanfaatkan setiap langkah, setiap kerikil, setiap hambatan agar kita lebih kuat.

Perjalanan adalah tantangan untuk menaklukkan binatang-binatang lapar yang siap menerkam. Selalu harus melihat celah, berpikir, dan berkelit. Kelaparan adalah natural dan selalu terjadi. Kita sebenarnya, sudah biasa menghadapi binatang-binatang lapar. Tidak perlu terlalu khawatir.  Tidak perlu dihadapi secara frontal. Biarkan mereka menjalani dunianya sendiri. Tidak perlu berjibaku untuk hal-hal yang tidak penting. Jangan habiskan tenaga. Kita harus menghemat energi dan jaga jangan sampai kita terluka. nanti, kita tetap harus terus berjalan. Untuk sementara, biarlah kita bersembunyi sembari melakukan persiapan. Banyak yang dapat kita kerjakan.

Hari-hari memang sering terasa berat dan membosankan. Kitapun akan selalu melihat keanehan dan keganjilan. Tidak semua bisa berjalan baik. Banyak kelemahan, banyak kekurangan. Bahkan terlalu banyak hal-hal yang tidak perlu tetapi dilakukan. Kita menyaksikan hal-hal yang tidak perlu. Itulah kehidupan. Kehidupan yang  membuat akal sehat terpaksa harus bersabar. Tidak punya pilihan kecuali bersabar. Sembari berserah diri dan bersiap memberikan yang terbaik. Jangan pernah berhenti mencari yang terbaik. Jangan tergerus oleh waktu. Jangan berhenti. Kita harus menaklukkan waktu. Kita harus tetap melakukan banyak hal.

No comments: