Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Tuesday, 8 July 2014

Pemimpin yang ikhlas

toto zurianto


Ikhlas adalah sesuatu yang nilainya paling luar biasa. Kita, masyarakat Indonesia seharusnya kembali kepada nilai-nilai keIkhlasan dalam berbagai aktivitas kita. Tidah pamrih dan tidak untuk kepentingan pribadi. 
Pemimpin (leaders) dituntut untuk visioner, competent, berani mengambil keputusan (courage) dan mampu mengelola sumber daya alam dan manusianya (managing resources), serta bisa mengeksekusi visi menjadi realita. Pemimpin juga dituntut untuk selalu belajar dan mau menerima kritik dan saran orang lain, bahkan oleh orang yang tidak menyukainya. 
Lalu ketika semuanya dibalut oleh nilai ikhlas, maka itulah makna sebenarnya dari seorang pemimpin. Mungkin dia yang kini kita idolakan dan harapkan, belum mempunyai semuanya. Tapi banyak hal yang sudah dimilikinya. Tugas kita membantu untuk membangun kapasitas dan legacy kepemimpinannya. Kita menginginkan Pemimpin yang ikhlas yang memunculkan daya pikat (magnitude) untuk melahirkan kreativitas dan inovasi, tetapi tetap Ikhlas, atau humble.

Tetapi, pemimpin tentu saja harus berada di depan dan menjadi penentu arah. Pemimpin adalah dia yang secara relatif bisa diandalkan dan tempat kita selalu merasa aman, merasa terlindungi dan membuat kita tidak ragu untuk mengeluarkan potensi kita. Kita menginginkan orang yang secara konseptual dan praktikal berada pada level yang lebih tinggi yang membuat kita terpanggil untuk melakukan banyak hal. Kehebatan pemimpin akan memberi inspirasi dan motivasi untuk melahirkan prestasi luar biasa. Tetapi selalu ikhlas dan tawaddu'. Jangan serahkan diri anda kepada orang yang terlalu suka memuji diri sendiri, merasa telah berbuat banyak dan sering tidak ikhlas dalam melakukan sesuatu. Kita sedang mencari pemimpin yang seperti ini.