Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Friday, 10 June 2016

Pemimpin; Memberikan Sesuatu yang lebih baik

toto zurianto

Para pemimpin, all leaders, selalu berpikir, bagaimana mencapai target tertentu. Pemimpin sering dihantui untuk mencapai angka-angka tertentu, terutama menyangkut penjualan, keuntungan, atau jumlah kegiatan yang dilakukan. Bahkan bisa mati-matian untuk mencapai sasaran ini.Tapi pencapaian dan sukses seorang Pemimpin bukan hanya ini. Semuanya bukan selalu harus melalui ukuran dalam bentuk angka. Pemimpin dituntut untuk bertanggung jawab dalam banyak hal yang lain, seperti, pengaruhnya kepada masyarakat, kepada keluarga, kepada organisasi, juga lingkungan di mana dia berada.
Menurut Kouzes dan Posner dalam bukunya A Leader's Legacy (2006), "being a leader brings with it a responsibility to do something of significance that makes families, communities, work organizations, nations, the environment, and the world better places than  they are today". Ini tantangan sebenarnya dari seorang Pemimpin. Bagaimana dunia, negara, departemen, perusahaan, atau lembaga yang dipimpinnya, bisa menjadi tempat yang lebih baik, lebih nyaman bagi semua orang. Jadi bukan sekedar hal-hal yang bisa dikuantifikasi.