Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Saturday, 5 November 2016

Learning Leadership

toto zurianto

Kembali penulis hebat James M. Kouzes dan Barry Z. Posner melahirkan karyanya yang bagus dan perlu dibaca oleh para pemimpin dan generasi muda calon pemimpin (bangsa). Mereka baru saja menerbitkan buku Learning Leadership; The Five Fundamentals of Becoming Exemplary Leader (2016). Lebih 25 tahun yang lalu mereka juga melahirkan buku kepemimpinan yang luar biasa, menjadi bible para leaders dan Profesor di berbagai universitas dunia. Buku Leadership Challenge; The Most Trusted Source on Becoming A Better Leader (1990-an). Lalu buku mereka yang lain yang juga harus kita baca adalah; The Truth About Leadership dan The Leaders' Legacy.

Untuk menjadi Leaders, ada 5 hal yang harus kita lakukan dan kuasai. Pertama, menyangkut tumbuhnya kepercayaan atau keyakinan pada diri (kita) sendiri, bahwa kita memang mempunyai kemampuan untuk melakukan hal-hal hebat yang berbeda. Bagian ini, "Believe You Can" meliputi 3 chapter penting, yaitu; keyakinan bahwa kita memang orang yang tepat, pas dan mampu. Lalu, keyakinan itu tidak cukup. kita selalu perlu belajar dan mengasah diri. Selalu belajar untuk menjadi lebih baik adalah keterampilan (skills) yang utama dari seorang pemimpin. Selanjutnya, searah dengan itu, kita harus memahami bahwa munculnya kapasitas kepemimpinan (seseorang) selalu dimulai dari (dalam) diri kita sendiri. Ini yang disebut sebagai "Leadership Emerges from Within".



Kedua, selalu mengarahkan kegiatan dan upaya untuk mencapai prestasi terbaik, "The Aspire to Excel". Disini tentu saja, kita perlu tahu untuk memilah-milah hal-hal utama yang penting yang kita perlukan. Tidak semua hal memberikan value added besar. Bersama dengan potensi diri, maka apa yang kita lakukan akan memberikan dampak yang besar. Bukan saja bagi kita, tetapi bagi orang lain dan para stakeholders. Not Just About You!

Lalu, Ketiga, kita harus selalu menantang (kapasitas) diri kita.Challenge Yourself! Tantangan untuk menghasilkan yang terbaik dan bermanfaat adalah latihan kepemimpinan yang menjadi basic dari langkah yang panjang. Challenge adalah sebuah Leadership Training Ground! Get Curious and Go Kick the Ball! Get Gritty and Stay Hardy. Tetapi selalu melalui nyali untuk suka melakukanya. Beranilah, hanya keberanian yang bisa memperkuat kita untuk tumbuh. Courage Give You The Strength to Grow!

Keempat, atas semua kerja dan tantangan, maka kita memerlukan dukungan, Engage Support. Bagi seorang Pemimpin, tak ada yang bisa dikerjakan tanpa support. "I couldn't have done it without you". Selalulah menjalin hubungan dan Networking. Kepada siapa saja, kita harus Get Connected! Kita perlu dukungan dan perlu masukan. Without feedback you cannot grow!.

Terakhir, Kepemimpinan memerlukan asahan dan praktek. Kita harus menjalankannya, bukan hanya buku dan teori. Jadi tentu saja memerlukan waktu, jam terbang dan proses. Tidak ada yang instant, tidak ada pemimpin yang langsung jadi. Leadership Takes Practice, and Practice Takes Time! Setiap hari kita harus membiasakan diri untuk melakukan sesuatu, membakar semangat, mencari ide, mengambil Keputusan. Semuanya akhirnya menjadi Habit yang membuat banyak hal menjadi lebih mudah. Make Learning Leadership A Daily Habit! Mari kita lakukan!