Saturday 16 March 2019

Road to Madrid

toto zurianto

Madrid, bukan Real Madrid, adalah tujuan yang akan dijadikan tempat akhir perjalanan klub-klub Sepakbola besar Eropa tahun ini. Ada 8 Klub besar yang akan berlaga di Quarter Final untuk disaring menjadi 4, kemudian melewatkan tahap Semifinal yang sangat luar biasa. Di Final, akan ada satu klub yang menjadi peserta terbaik. Ini kesempatan luar biasa. Sebelumnya, Klub terbesar sepanjuang sejarah yang memenangkan Piala Champion Eropa 3 kali berturut-turut, Real Madrid, terpaksa angkat koper setelah digulingkan oleh jawara Belanda AYAX. Memang kegagalan Madrid sudah diduga. Dimulai dengan keberangkatan Christiono Ronaldo menuju Juventus dan berbagai friksi diantara pengurus dan pemain klub, akhirnya Real Madrid berantakan pada laga kedua melawan Ayax di kandang sendiri. Setelah menang di Amsterdam 2-1, Madrid tidak mampu mempertahankan kemenangannya, dan mengakui superioritas anak-anak muda Ayax dengan goal 1-4.
Banyak kejutan yang terjadi di Liga Champion Eropa tahun ini. Tidak hanya Madrid yang terkapar, juga PSG Prancis yang terjungkal melawan Manchester United. PSG melindas Manchester United 2-0 di Old Trafford di depan fans United, tetapi tidak mampu mempertahankan kemenangannya di kandang sendiri. Mereka kalah 1-3 di State de France Paris. Hal yang yang memberikan hasil berbeda adalah Juventus sendiri. Setelah kalah 2-0 di kandang Atletico Madrid, Ronaldo berhasil mencetak 3-0 untuk memberi kemenangan kepada Juventus sehingga mendapat tempat di Quarter Final.




Kini ada 8 klub yang akan beradu skill dan strategi. Siapa yang menang? Semuanya mempunyai peluang besar. Tidak terlalu mudah untuk diperkirakan. Tidak ada yang terlalu luar biasa yang akan mendominasi. Dulu Barcelona FC terlihat sangat luar biasa. Tapi sekarang? Semuanya memungkinkan untuk dikalahkan. Manchester City kini tercatat sebagai salah satu klub yang dinilai telah meningkat dengan sangat cepat. Bahkan mempunyai produktivitas goal yang luar biasa. Semuanya bisa terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Klub Inggris lain, Liverpool juga mempunyai peluang yang besar. Undian Babak Perempat Final sudah dilakukan Jumat yang lalu. Para fans sudah mulai memperkirakan, siapa-siapa yang dinilai mempunyai peluang yang lebih besar. Ada 4 klub Inggris yang akan bertanding di Perempat Final tanggal 8-17 April 2019 nanti. DI antaranya, Tottenham Hotspur dengan Manchester City akan saling berhadapan. Lalu Ayax akan berhadapan dengan Juventus, Liverpool melawan FC Porto, dan Barcelona melawan Manchester United. Apakah Ayax masih akan tetap konsisten memainkan bola yang indah dengan penguasaan yang sedang, tetapi siap-siap merebut bola untuk melahirkan tendangan yang mematikan? Bagaimana dengan Manchester United yang diperkirakan akan kembali kepada formasi lengkap dan tetap memainkan penguasaan bola yang minimal tetapi bisa bergerak cepat yang membuat benteng pertahanan Barcelona menjadi porak poranda? Mari kita ikuti  kedigdayaan para jawara bola Eropa yang sangat luar biasa.

No comments: