Tuesday 9 January 2024

DEBAT CAPRES, SOAL SALAH TANYA ATAU SALAH JAWAB CAPRES, ITU BUKAN URUSAN CAPRES YANG LAIN.

toto zurianto

Debat Calon Presiden 2024 menjadi semakin menarik, kita bisa menyaksikan debat antara Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo yang Minggu malam 7 Januari 2024 berlangung meriah di Senayan. Kalau pada debat sebelumnya sering dikesankan,  perdebatan terjadi hanya pada Anies dan Prabowo, bahkan Ganjar yang suka menempatkan dirinya di posisi tengah sebagai pemisah antara Prabowo dengan Anies yang dipastikan hangat dan suka saling serang. Tetapi khusus pada debat Ketiga tersebut, akhirnya Ganjar juga terpancing untuk tidak sungkan melakukan serangannya, khususnya ke Prabowo Subianto yang membuat Prabowo seperti menanggung beban besar karena dijepit Anies dan Ganjar.

Sebenarnya tidak ada yang menjepit Prabowo, cuma memang Prabowo terlihat sangat emosional dan cenderung menanggung beban berat dan beberapa kali suka mengalihkan perdebatan sebagai debat yang bersifat pribadi. 

Apalagi akhirnya Anies semakin tegas menanyakan Prabowo tentang hal-hal yang telah dilakukannya selama 4 tahun menjabat Menteri Pertahanan pada Kabinet Joko Widodo. Prabowo terlihat murka dan mulai marah ketika Anies menanyakan bagaimana cara Prabowo berusaha meningkatkan kesejahteraan Prajurit TNI dan Anggota Polri padahal selama era Menhan Prabowo, prajurit TNI dan Polri hanya mendapatkan kenaikan gaji sebanyak 3 kali sementara pada Era SBY, telah terjadi kenaikan Gaji sebanyak 9 kali. 

Prabowo semakin emosional ketika Anies mengungkapkan bahwa sesuai data Presiden Joko Widodo, disebutkan bahwa Prabowo mempunyai/menguasai tanah sekitar 340 ribu Hektar sementara Para Prajurit TNI dan Polri lebih setengahnya tidak mempunyai rumah dinas.

Soal debat Capres belum selesai, masih ada beberapa kali lagi. Tentu saja, semuanya perlu melakukan evaluasi dan persiapan yang lebih baik. Rasanya Tim Pemenangan Prabowo perlu mengingatkan Prabowo bahwa Debat Calon Presiden memang harus seperti ini. Waktunya memang pendek, antara 1 sampai 2 menit. Pertanyaannya juga selalu tajam dan bebas sepanjang sesuai dengan thema, Capres memang mutlak bekerja sendiri. Lalu soal apakah Pertanyaan atau Jawaban seseorang Calon Presiden itu Benar, Salah atau Keliru. Itu bukan urusan Capres yang lain, juga bukan Urusan KPU. Semuanya itu menjadi urusan pendengar Debat, URUSAN SELURUH MASYARAKAT INDONESIA yang mendengar yang nantinya akan memilih pada tanggal 14 Februari 2024. 

Lalu soal komentar Presiden Joko Widodo yang melihat perdebatan Capres tidak menyentuh visi dan misi tetapi banyak mengenai hal-hal bersifat personal. Bahkan Presiden Joko Widodo bahkan meminta agar dilakukan perbaikan format Debat Capres yang akan datang. Kita melihat apa yang dikomentari Presiden ini tidak begitu jelas, ucapan mana yang dinilainya bersifat Pribadi? Karena pertanyaan yang disusun semuanya berdasarkan thema yang sudah ditentukan, jadi seluruhnya pasti bersifat kebijakan dan konsep serta visi dan misi yang akan dibawa oleh Calon Presiden. Tidak diperlukan nasehat Presiden kepada KPU untuk melakukan intervensi atas model Debat yang dilakukan. Memang yang penting, Presiden tidak perlu campur tangan dan cawe-cawe. 

No comments: