Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Saturday, 7 March 2009

INTEGRITY, INTELLIGENCE, and MATURITY

toto zurianto

MENJADI SUKSES ATAU?

Jangan pernah meng-klaim diri kita sukses, biar orang lain yang menyatakannya.

Bagaimana agar bekerja bisa Sukses?

Pertama, anda harus mempunyai Integritas. People with Integrity tell the truth, and keep their word. Mereka memegang tangungjawab atas apa yang dilakukan (past action), menerima kesalahan dan memperbaikinya!

Kedua, anda harus memiliki Intelegensia (Intelligence), bukan harus mengetahui seluruh ilmu, apalagi mengenai scientific yang kompleks. Intelligence berarti anda mengedepankan intelektualitas dengan nafas keilmuan yang kuat. Orang yang memiliki Intelligence kuat banyak yang berasal dari Universitas Top yang terkenal. Tapi dari perguruan tinggi biasa-biasa sajapun anda bisa saja mempunyai intelligence yang bisa diandalkan. Jadi Pendidikan is only a piece of picture.

Anda bisa pintar dengan belajar, bahkan tidak harus melalui perguruan tinggi.

Ketiga, anda harus mature. Maturity tidak selalu berhubungan dengan usia (pangkat, golongan, atau masa dinas). You can be mature at any age, and immature too! Orang yang matang (“dewasa”) biasanya lebih menghormati emosi orang lain. Mereka merasa sangat confident, tetapi tidak arrogant.

Disamping 3 hal tersebut diatas, orang yang sukses biasanya memiliki energy yang positip (they love to work, and to play too, and just love life), bisa mengajak orang lain untuk involved (inspire others), berani mengambil keputusan (courage to make tough yes-or-no decision), serta mampu menyelesaikan pekerjaan (the ability to get the job done).

Akhirnya kesuksesan biasanya perlu dipacu oleh passionate kita atas kehidupan, bukan hanya semangat tentang pekerjaannya saja, but everything!

Demikian Jack Welch and Suzy Welch (Winning, 2005)