Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Friday, 6 March 2015

Treat People Right

toto zurianto

Sebuah buku cukup lama sekitar tahun 2003 dari Edward E. Lawler, judulnya Treat People Right; How Organizations and Individuals Can Propel Each Other Into A Virtuous Spiral of Success. Buku ini menarik dan selalu menjadi referensi penting para pengelola SDM di seluruh dunia. Inspirasi buku ini, bukan sekedar memperjuangkan hak-hak individu pegawai dalam suatu perusahaan/organisasi, tetapi terutama karena tujuan perusahaan/organisasi yang selalu harus eksis, bermanfaat, menghasilkan (menguntungkan) dan berkembang terus. Karena perusahaan atau organisasi harus selalu dijaga perjalanannya, maka penting pula untuk menjaga orang-orang yang ada di perusahaan/organisasi agar lebih kontributif. Tidak pernah ada yang bisa berjalan sendiri-sendiri. Kalau perusahaan berjalan bagus, maka orang-orang yang ada (people) haruslah hebat dan terbaik. Lalu untuk mendapatkan orang-orang yang hebat, profesional dan dengan karakter kuat, maka perusahaan/organisasi haruslah hebat dan sukses.
Tentu saja, memperlakukan orang-orang dengan benar dan baik, bukan karena perusahaan/organisasi menjadi sok generous. Tetapi upaya membangkitkan motivasi dan kreativitas agar akhirnya orang-orang yang ada, dapat memberikan manfaat lebih kepada perusahaan/organisasi.