Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Friday, 6 June 2014

Garuda; Indonesian most admired company

toto zurianto

Kalau anda mengikuti detik.com, selama berhari-hari ditampilkan mengenai keberhasilan Garuda, perusahaan penerbangan nasional kita yang tetap stabil selama 12 tahun menjadi Indonesian most admired company. Ini sebuah prestasi luar biasa. Cuma ini satu-satunya perusahaan di Indonesia yang bisa terus menerus hebat selama 12 tahun.

Karena saya cukup sering menggunakan pesawat Garuda, saya tertarik, apakah menurut saya Garuda Indonesia sudah layak menyandang predikat sebagai perusahaan paling diakui oleh masyarakat kita?Apakah kita setuju untuk menetapkan Garuda terus stabil selama 12 tahun hebat?

Penerbangan dalam negeri terbaik
Ukuran sederhana untuk mengatakan bahwa sebuah perusahaan penerbangan adalah most admired, biasanya kita melihat bagaimana sambutan awaknya, dimulai di bandara ketika proses check-in, lalu sampai kepada saat sebelum naik pesawat, sambutan di dalam pesawat, termasuk senyuman awak kabin dan bagaimana mereka meng-handle penumpang ke tempat duduknya satu persatu, juga membantu mencarikan alternatif cabin untuk menempatkan barang-barangnya.
Selanjutnya kita akan melihat bagaimana cara awak kabin (pramugari/pramugara) menghadapi penumpang yang mungkin terlihat "protes" atau "marah-marah", apakah helpful, cuek, emosi, dan lain-lain.
Setelah itu, kita juga bisa mengukurnya melalui level kesempurnaan (tingkat profesional) pilot dalam mengendalikan pesawat, baik ketika proses take-off, dalam menghadapi turbulen, dan ketika melakukan landing. Kemampuan komunikasi dengan penumpang, baik pilot maupun awak kabin, juga menjadi perhatian konsumennya.
The most admired airline juga akan dilihat dari kehandalan pesawat, apakah sering rusak dan delay (karena rusak), temperature (kesejukan ruang) pesawat, harga tiket, kemudahan melakukan check-in dan kemampuan handling bagasi, serta kemudahan atau kecepatan bagasi keluar. Juga kemudahan membeli tiket dan alternatif pembayarannya.
Ya, banyak hal yang dipertimbangkan ketika sebuah perusahaan dimasukkan dalam kategori the most admired! Dan tentunya Garuda faktanyanya sudah dinilai terbaik dan diterima oleh berbagai kalangan. Ini yang menyebabkan Garuda menjadi perusahaan penerbangan terbaik selama 12 tahun.