Friday 6 June 2014

Menikmati Kampanye Presiden

toto zurianto

Siapa yang menikmati kampanye pemilihan Presiden Indonesia sekarang? Mungkin banyak, tapi saya kadang-kadang takut untuk menyatakannya. Terutama mengenai pilihan kita. Entah kenapa, kita, terutama saya pribadi, sering merasa takut untuk menyatakan pilihan secara terus terang. Saya takut dimarahi "kawan-kawan sendiri" yang mungkin berbeda pilihan.

Kawan-kawan sendiri sekarang memang susah dicari. Entah kenapa, ketika kita menyatakan secara terbuka dan terus terang untuk memilih seseorang calon Presiden/Wakil Presiden tertentu, serta merta kita dianggap musuh, dinilai tidak teman dan terus dikaitkan dengan nilai-nilai negatif atas pilihan kita. Misalnya ketika saya menyatakan menjatuhkan pilihan saya kepada Prabowo-Hatta, saya akan dinilai sebagai seorang yang tidak sederhana, cenderung borjuis, dan tidak anti korupsi, atau pro Soeharto. Lalu, kalau saya memiliki Jokowi-JK, saya disebut terlalu sederhana, tidak punya visi, bahkan menjadi pribadi yang mudah dikendalikan oleh orang lain.

Jelas saya ingin menikmati masa kampanye Presiden ini sesuai dengan keinginan dan pertimbangan saya tanpa perlu dikaitkan dengan pilihan orang lain. Kawan-kawan saya sendiri, silahkan dengan pilihan anda tanpa mendiskreditkan diri saya dan orang-orang yang saya pilih. Pilihan terhadap calon Presiden dan Wakil Presiden bukan persoalan hidup mati, juga bukan tentang pemilihan keyakinan (agama). Kita bisa benar tapi juga bisa salah. Suatu saat kita bisa saja memilih atau mendukung Presiden dan Wakil Presiden orang yang selama ini tidak kita sukai, tidak kita pilih. Itupun tidak ada masalah. Biarkan saya menikmati pilihan saya.

No comments: