Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Friday, 30 September 2016

Digital yang terus berkembang

toto zurianto

Perkembangan teknologi informasi dan digital tidak terbendung. Setiap saat terjadi kemajuan yang membuat sesuatu yang sebelumnya hebat, menjadi kurang diperhatikan. Bank Dunia melaui World Development Report 2016 mengangkat isu teknologi sebagai salah satu hal yang selalu harus kita respon. Ada 6 hal penting yang akan terjadi pada beberapa tahun ke depan; munculnya Mobile Cell Generasi 5 (5G) untuk menggantikan 4G yang belum lama memainkan perannya. Kemudian, Sistem Komputer dengan kemampuan Human Intelligence atau Artificial Intelligence. Kemampuannya sangat diperlukan pada proses Big Data dengan memanfaatkan pengenalan gerak dan suara manusia (visual and speech recognition) untuk pengambilan keputusan yang cepat. Selanjutnya, yang ketiga adalah Teknologi Robotics dengan kemampuan luar biasa untuk melakukan berbagai variasi pekerjaan yang sebelumnya dilakukan manusia.
Saat ini, Cina tercatat sebagai negara paling besar menggunakan dan mengimpor teknologi robotics di seluruh dunia. Bahkan Provinsi Guangdong (Cina) telah mengumumkan untuk memanfaatkan 80 percent teknologi otomasi robotics pada pabrik-pabrik pada tahun 2020 menggantikan sebagian tenaga manusia. Di Kinshasa, Republik Demokrasi Kongo (Congo), teknologi robotics sudah dimanfaatkan untuk mengatur manajemen lalu lintas kota tersebut.
3 hal lain yang juga berkembang luar biasa dalam waktu yang tidak terlalu lama adalah kenderaan berjalan secara otomatis Self Driving Car, Koneksi Internet tanpa batas (Internet of Things), serta Teknologi Percepatan 3D Printing.

Jadi, kalau kita ingin membeli atau mendisain business process, maka pertimbangkanlah berbagai fasilitas teknologi digital yang akan berkembang dalam waktu dekat ini.