Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Friday, 30 September 2016

Masyarakat Urban dan Teknologi

toto zurianto

Masyarakat modern, membawa perubahan besar terhadap tatanan perkotaan. Kita mengenal berkembangnya konsep megacities, migrations, demographics, health dan tingkat harapan hidup masyarakat kota. Dengan dukungan teknologi yang semakin canggih, semua tatanan perkotaan mengalami perubahan besar yang radikal. Apakah menjadi lebih mudah atau tepatnya menjadi lebih efisien dan cepat. Kini dan hal ini terus bergerak tanpa ada tanda untuk melemah, teknologi dan sistem informasi secara terus menerus bergerak membuat banyak perubahan. Tentu saja membuat cara kita menjalani hidup menjadi berbeda. Apalagi, menurut Laporan Pembangunan Dunia 2016 yang diterbitkan oleh World Bank (World Development Report 2016), dalam waktu dekat, teknologi informasi kembali mengalami percepatan besar yang luar biasa. Terdapat 6 kecenderungan yang terjadi di bidang teknologi digital, yaitu penerapan Teknologi 5G di bidang mobile phone (smart),pemanfaatan Artificial Intelligence semakin luas dan canggih, penggunaan Robotics System, pemanfaatan Autonomous Vehicles secara besar-besaran, Teknologi Internet of Things yang semakin cepat, dan penggunaan Percetakan 3D Printing.

Pada saat ini saja kita masih belum banyak yang menggunakan mobile phone 4G. Sebentar lagi Generasi ke 5 Mobile Phone 5G akan muncul di pasar. Ini akan membantu dan memperluas jangkauan penggunaan sistem komunikasi pada berbagai aspek secara mudah dan cepat. Kini, berbagai transaksi ekonomi, terutama transaksi keuangan dan perbankan, sudah cukup mudah dilakukan melalui mobile phone. Kita bisa membayangkan bagaimana luasnya fasilitas yang ditawarkan pada mobile phone generasi ke 5 nantinya.

Bagi masyarakat urban, jelas akan mengubah gaya hidup dan pilihan. Termasuk dengan dukungan komputer Artificial Intelligence dan sistem Robotics yang penggunaannya kini menjadi sangat meluas. Jadi akan banyak peluang dan tantangan bisnis dan proses kerja ketika semua fasilitas teknologi dan sistem informasi ini tiba di pasaran. Kitapun perlu melakukan update pengetahuan dan cara hidup. Paradigma lama akan kita tinggalkan. Kita perlu meresponnya melalui pendekatan yang lebih baru, lebih efisien, tetapi efektif.

Post a Comment