Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Wednesday, 17 November 2010

My Stupid Boss

toto zurianto

My Stupid Boss, apakah dia adalah kita? Apakah buku ini layak untuk kubaca? Ini pertanyaan yang kemaren kulayangkan ke My Stupid Boss, apakah dia adalah kita? Apakah buku ini layak untuk kubaca? Ini pertanyaan yang kemaren kulayangkan ke diri sendiri ketika sedang di Toko Buku Gunung Agung di dekat Tugu Prapatan, Kramat. 


Sudah lama aku gak pernah ke toko ini, udah lebih 20 tahun. Tidak banyak perubahan pada toko ini. Pengunjungnya tidak terlalu banyak. Koleksinya seperti tidak terlalu lengkap. Ketika seorang teman menanyakan sebuah buku karangan (almarhum) Cak Nur terbaru, ternyata belum ada disana. Padahal resensinya sudah ada di Kompas beberapa waktu yang lalu. 


Tapi terlepas dari itu, apakah buku ini menarik? Judulnya lumayan, sangat provoking! My Stupid Boss, buah pena chaos@work. Aku mencoba mencari tahu siapa dia. Ternyata tidak banyak informasinya, bahkan nama itu hanyalah sebuah nama samaran yang berguna untuk menutupi kisah nyata yang dialaminya ketika dia bekerja pada seorang "boss" di Malaysia. Hanya saja dia seorang wanita.


Singkat cerita, akhirnya buku itu kubeli. Cuma ingin tahu, apakah judulnya sama dengan isinya? Apakah memang dia sedang bercerita tentang boss-bossnya yang stupid, atau sekedar bermanfaat sebagai sebuah hiburan yang lucu. Tapi setelah membacanya, ternyata buku ini benar-benar gokil! Lucu gak karuan! Ini cerita yang awalnya hanya ditulis pada facebook dan blog yang berisi uneg-uneg penulisnya menghadapi "boss"nya yang menjengkelkan dan stupid.


Buku pertamanya, dalam setahun sudah mengalami cetak ulang sebanyak 6 kali. Sekarangpun dia sudah menerbitkan My Stupid Boss 2! memang luar biasa. Sekedar catatan dan bahan becanda, ternyata bisa memberi penghasilan yang lumayan. Jadi, saya menyarankan, siapapun kita, mulailah menulis, merekam perjalanan misalnya. Atau pengalaman kita ketika bekerjapun bisa menarik, mana tahu suatu saat akan diperlukan. Banyak sekali penulis dan buku-buku yang muncul yang idenya lahir karena dunia fb dan blog. Siapa yang tidak kenal Andrea Hirata penulis Laskar Pelangi yang juga mengawali ceritanya ketika membaginya dalam blog yang dapat dibaca banyak orang. 


Jadi, terlepas, dari apakah memang ada boss yang benar-benar stupid seperti yang digambarkan penulis buku ini. Banyak kejadian yang bisa kita share ke khalayak. Siapa tahu, hal itu juga menarik bagi banyak orang. Dan syukur-syukur suatu saat bisa menjadi sebuah buku dan Best Seller! 


Post a Comment