Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Monday, 23 February 2009

13 Perilaku untuk menciptakan TRUST

Apakah kita yakin, kalau trust akan menciptakan organisasi yang lebih efisien? Kalau kita yakin, menurut Stephen MR Covey (ini anaknya Stephen R Covey), terdapat 13 perilaku yang harus kita perhatikan dalam rangka menciptakan Trust ini;
Satu

1) Talk Straight – Artinya, kita harus selalu berbicara tegas! Jangan berbohong (tell half truth). Jangan berbicara terlalu datar tanpa ekspresi (flatter);
2) Demonstrate Respect – Nah ini penting, sering kita tidak menunjukkan hormat kepada orang lain!
3) Create Transparency – Jangan suka bersikap tertutup, apalagi menutup-nutup informasi hanya pada diri dan kelompoknya saja. Kita tidak boleh berasumsi bahwa tindakan kita yang suka “keep secret” itu sudah benar. Kita tidak boleh memonopoli kebenaran!
4) Right Wrong – Kalau kita salah, lekas memperbaiki diri. Jangan berasumsi, kesalahan bisa termaafkan secara otomatis.
5) Show Loyalty – Tunjukan bahwa anda memiliki semangat, tetapi jangan berpikir hal itu hanya untuk anda. Jangan suka mengambil kredit atas prestasi orang lain.
6) Deliver Result – Hei Hei Hei! Ini penting tuan dan puan. Tentu saja bukan sekedar Result yang disepakati tetapi result yang membuat kita “Different”! Banyak juga result yang sekedar apa adanya. Mampu dicapai tetapi tidak membuat kita semakin bagus, atau meskipun tidak dapat dicapai, tidak membuat kita menjadi semakin sulit! Jadi jangan suka gaming dalam menetapkan result. Mungkin untuk sementara kita “berhasil” tetapi, suatu saat akan dikoreksi oleh orang lain yang benar-benar “result oriented” Lillahita ala!
7) Get Better – Orang yang sama dengan kemaren adalah orang yang merugi!
8) Confront Reality – Selalu mengarahkan aktivitas atau perilaku untuk menguji realitas yang ada. Jangan pernah bersembunyi dari realitas!
9) Clarify Expectation – Kita perlu memperjelas maksud seseorang, jangan suka membuat asumsi yang akhirnya bisa keliru.
10) Practice Accountability – Ini paling sulit dilakukan. Kebanyakan kita merasa enggan untuk memikul tanggung jawab tetapi sangat suka untuk memiliki wewenang banyak!
11) Listen First – kebanyakan kita, dengan alasan untuk cepat, kurang mau mendengar. Banyak yang terlalu yakin dengan kemampuannya sendiri, kurang mendengar, langsung saja ngomong dan bertindak. Walah-walah, hasilnya bisa mengejutkan.
12) Keep Commitment - Please deh, jangan anda melanggar janji (break commitment). Anda akan kesulitan, dan sulit mendapatkan kepercayaan kalau anda suka mem-violate promise!
13) Extend Trust – Jadikanlah Trust bukan sekedar janji, tetapi sebagai suatu hasil kerja. Extend Trust membuat kita menjadi semakin dipercaya (become more trusting leaders).