Wednesday 25 February 2009

Reengineering the Corporation

BUSINESS PROCESS REENGINEERING

Michael Hammer and James Champy


Aku termasuk penggemar berat Dr. Hammer yang sekitar tahun 1993 bersama dengan Dr. James Champy menerbitkan Buku Best Seller Reengineering Corporation; A Manifesto for Business Revolution. Buku ini termasuk salah satu bible bagi perubahan organisasi bisnis yang dilakukan secara dahsyat, very revolutionary! 4 Kata Kunci yang sering muncul dalam buku ini adalah; Fundamental (rethinking), Radical (redesign), Dramatic (change), and Process (business).

Lebih 15 tahun sejak Hammer dan Champy menerbitkannya, ide yang mereka hadirkan, masih tetap relevant, terutama dalam rangka pengelolaan suatu organisasi dan SDM yang lebih efisien, efektif, dan adaptif terhadap perubahan. Ukuran keberhasilan suatu organisasi (dan bisnis), tetap relevant digunakan, misalnya melalui parameter cost, quality, service, dan speed!

Saya baru tahu, rupanya Dr Hammer yang termasuk sebagai salah satu dari 25 Most Influential People menurut Times Magazines, sejak tahun lalu (September 2008) sudah meninggal dunia karena komplikasi brain haemorrhage.

http://photos-b.ak.fbcdn.net/photos-ak-snc1/v2108/16/120/1665252393/n1665252393_158289_8812.jpg

2 comments:

Anonymous said...

Saya disuguhi pemikiran Hammer and Champy pada 2 tahun terakhir kuliah saya. Dr. Mulyadi yang memaparkan-nya. Bila dilihat nafas-nya memang Bang Toto banget nih...progressive revolutionary spirit...

Toto Zurianto said...

Yulian, apa khabar? Pasti sibuk dong? Please sharing-me any interesting things you learn!