Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Wednesday, 25 February 2009

To Be Professional

MATURITY

Dewasa dalam bekerja, sering disebut Mature! Meskipun tidak selalu berhubungan dengan usia (atau pangkat, atau golongan, atau masa bekerja), naturalnya, semakin tinggi jabatan seseorang dan semakin banyak pengalamannya dalam bekerja, maka perilakunya seharusnya menjadi semakin “dewasa”. Tetapi banyak juga orang yang tidak dewasa-dewasa, padahal usia dan jabatannya sudah sangat tinggi, antara lain biasanya dia menjadi kurang bisa menghargai/menghormati emosi orang lain.

Jack Welch mencatat 3 hal penting yang harus diperhatikan sebelum meng-hire seseorang, salah satunya tuntutan kedewasaan (maturity), disamping Integritas dan Intelegensia-nya.

Kita, siapapun dan pada posisi apapun, mari berupaya untuk selalu mendewasakan diri kita sendiri. Tidak ada hambatan jabatan atau usia untuk menjadi dewasa. Anda bisa menjadi dewasa meskipun usia anda relatif muda, atau jabatan anda relatif rendah. Atau anda bisa saja tidak pernah menjadi dewasa-dewasa (never grown-up) meskipun usia anda sudah tua, atau jabatan anda sudah tinggi. You can be mature at any age and immature too!

Salah satu hal penting yang menandakan seseorang itu “dewasa” adalah bagaimana kita menghormati dan menghargai perasaan dan emosi orang lain. Disamping selalu merasa confidence, orang-orang yang dewasa biasanya tidak arrogant!