Monday 31 May 2010

Convenience Store

toto zurianto

Toko Serba Ada dan Serba Menyenangkan, atau Kedai 24 jam, atau apapunlah namanya. Kini perkembangannya semakin cepat, terutama di Jakarta dan kota-kota besar lainnya. Beberapa diantaranya adalah pemain internasional yang namanya sudah sangat terkenal seperti Circle K (CK) dan Seven Eleven (7-11). Brand lokalpun kita merambah secara cepat, tentu saja brand lokal yang sangat kuat, seperti Indomaret dan Alfa Mart (juga beralifiasi dengan brand internasional).

Diantara berbagai merek convenience store yang paling kita kenal Circle K (CK), yang mulai berdiri pada tahun 1951, ketika itu hanya berupa 3 buah Toko Kay's Food Store di El Paso Texas. Kini jumlahnya mencapai 4300 jaringan di Amerika Serikat, dan lebih dari 3000-an di negara-negara lain, termasuk di Indonesia yang (2010) jumlahnya sudah lebih 100 toko.

Kini, meskipun harga-harga di CK relatif lebih mahal dibandingkan dengan di supermarket atau di minimarket, tetap saja, semakin banyak pelanggan yang mendatangi CK dan menikmati pelayanan dan penataannya yang relatif bagus. begitu juga dengan 7-11 yang pada awalnya beroperasi mulai jam 7 pagi sampai jam 11 malam sehingga disebut Seven Eleven.

No comments: