Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Thursday, 27 May 2010

Kepercayaan, Selalu pelihara dan tingkatkan!

toto zurianto

Satu hal yang harus kita pelihara adalah "tingkat kepercayaan orang terhadap diri kita". Seperti apa orang lain mempercayai kita, atau kalau kita sedang menjalankan suatu perusahaan, seberapa besar pelanggan kita (customer) atau stakeholders yang lain mempercayai produk atau layanan yang kita berikan. Kalau kita menjadi seorang kepala keluarga, seberapa besar anggota keluarga yang lain mempercayai kita.

Bagaimana orang atau pihak lain menilai kita adalah penting untuk kita perhatikan. Bahkan suatu negara atau seorang kepala pemerintahan yang paling kuat sekalipun, akan hancur dalam bilangan waktu ketika kepercayaan (trust) menjadi berakhir.

Karena itu, merupakan suatu keharusan bagi kita, secara individu, keluarga, atau organisasi, atau bahkan para pemimpin negara, untuk menyadari, bahwa meningkatkan kepercayaan merupakan kewajiban dan pekerjaan panjang yang tidak boleh dilupakan apabila kita ingin mendapatkan keberhasilan. kelalaian kita menjaganya akan membuat kita hancur dan menderita. Tetapi, ketika kita mampu menjaga "kepercayaan" ini, maka kita akan menjadi mudah menjalani kehidupan kita.