Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Thursday, 20 August 2015

Jatuhnya Trigana Air

toto zurianto

Pesawat jenis ATR 42-300 milik Trigana Air jatuh di kawasan perbukitan di kawasan distrik Oksibil Papua Minggu 16 Agustus 2015 beberapa hari lalu. Ada 54 korban yang tewas pada peristiwa yang menyedihkan itu. Penyebabnya sedang dalam tahap investigasi.
Kita masyarakat Indonesia tentu sangat prihatin dan duka dengan ada nya peristiwa itu. Masih jelas dalam ingatan kita ketika Air Asia yang berangkat dari Surabaya juga jatuh di perairan selatan Pulau Kalimantan. Banyak penyebab yang mungkin terjadi ketika sebuah pesawat mengalami kecelakaan. Bisa akibat cuaca yang sangat ekstrim yang membuat pesawat kehilangan kendali. Juga akibat Pilot Error yang membuat dia tidak mampu mengendalikan pesawatnya, atau karena kesalahan Pesawat atau Mesin Pesawat itu sendiri yang dinilai kurang laik untuk mengudara.
Apapun penyebabnya, kita perlu melakukan penataan ulang terhadap aturan dan penegakkan aturan pada usaha transportasi udara di Indonesia. Semua hal di bisnis transportasi udara harus dijamin, tanpa ada kesalahan tanpa ada toleransi. Indonesia adalah bagian dari dunia yang berkewajiban untuk menjaga keamanan bisnis transportasi udara secara lebih baik, lebih sempurna. Termasuk pola komunikasi dari perusahaan transportasi dengan pengguna jasa dan masyarakat. Penggunaan tiket atas nama orang lain seperti yang kita dengar, hendaknya segera dihentikan dan tidak terulang lagi. Kita harus memastikan semua informasi dari kegiatan sebuah pesawat, dilakukan secara benar dan tanpa kesalahan.



Post a Comment