Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Sunday, 30 August 2015

Perubahan Tidak Pernah Berhenti

toto zurianto

You don't have to be a senior manager to help spark others to deal with change.

Change Never Ends kata Jack Welch. Inilah yang selalu abadi. Tidak pernah berhenti dan tidak boleh bosan mengumandangkannya. Memang menjadi tugas Pemimpin untuk selalu melakukan perubahan. Seorang pemimpin selalu melakukan ini. Dari waktu ke waktu, kalau kita berhenti melakukan perubahan, maka berhentilah organisasi kita. Kitapun secara individu akan berhenti.

kadang-kadang ada saja yang bosan menunggu, kapan berhenti. Banyak yang tidak memahami, bahwa itulah yang harus selalu diemban seorang pemimpin. Ketika seorang Pemimpin di General Electric menanyakan Jack Welch, kapan perubahan ini akan selesai? Jack mengatakan, bilang sama semua orang, bahwa program perubahan tidak pernah berhenti, “tell them that change is never over”.

Kalau kita berhenti melakukan hal-hal baru, maka orang lain akan melangkahi dan meninggalkan kita. Perusahaan tidak boleh tidur. Selalu memikirkan sesuatu yang berbeda, yang baru yang membuat kita beda. Perusahaan harus selalu berada di depan pesaingnya.

Secara individupun kita harus selalu berada di depan orang. Kita harus menyampaikan hal-hal baru yang membuat perusahaan menjadi lebih baik. Ini akan membuat karir seseorang menjadi berbeda, menjadi lebih baik sehingga lebih pantas untuk diberikan hal-hal yang lebih menantang, termasuk tantangan karir dan reward atas performancenya.
Jadi, secara terus menerus kita harus bisa mengendalikan semangat dan keinginan untuk selalu memberikan hal-hal baru. Pelajari, dan lakukan analisis untuk mendapatkan nilai tambah yang baik bagi organisasi. Kita memang tidak boleh berhenti melakukan perubahan. Jangan  bosan dan tetap semangat.