Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Friday, 21 August 2015

Kuliner; Es Duren Ganti Nan Lamo

toto zurianto

Saya pernah tinggal di Kota Padang, sekitar 40 tahun yang lalu. Tepatnya pada tahun 1975. Ketika, Padang termasuk salah satu kota terbaik di Indonesia. Menjadi pusat Perdagangan, Pariwisata, dan Pusat Budaya yang Indah.
Kini, Padang sangatlah ramai dan tetap menjadi salah satu tujuan wisata Indonesia. Termasuk tentunya Wisata Kuliner. Semua makanan Padang, atau tepatnya makanan dari Sumatera Barat, atau Ranah (Tanah) Minangkabau, menjadi sesuatu yang diminati banyak orang. Beberapa Kuliner terkenal dari Sumatera Barat, antara lain; Sate Mak Syukur yang berpusat di Padang Panjang, ada juga Nasi Kapau dari Bukit Tinggi, Rendang dari seluruh wilayah Sumatera Barat, Itiak Lado Mudo (Bebek Cabe Hijau) dari Ngarai Sianok Bukit Tinggi.

Di Kota Padang sendiri, kuliner yang sering didatangi adalah Gulai Kepala Ikan Pauh, sebenarnya asalnya dari Pauh di Kabupaten Pariaman, juga Gulai Kepala Ikan Etek dari Bungus (15 Kilometer dari Kota Padang), Restaurant Lamun Ombak, Sate Itjap, Sate Ganguang-Danguang di daerah Kinol (asalnya dari Payakumbuh). Daerah Kinol (dekat Apotik Kinol) di sekitar Jalan Niaga (Chinatown-nya Padang), terkenal sebagai pusat makanan di Kota Padang, terutama di sore sampai tengah malam.

Masih di sekitar Kinol, ada Restaurant Terkenal, Pagi Sore namanya. Ini benar-benar Top dengan Ayam Gorengnya dan segala makanan  Minang yang sudah buka sejak zaman Belanda. Meskipun namanya sama dengan Restaurant Pagi Sore di Jakarta yang berasal dari Palembang, tapi pemilik dan makanannya berbeda.

Masih di Padang, tentunya kita tidak melewati untuk membeli berbagai oleh oleh Sumatera Barat. Beberapa yang paling terkenal adalah Christine Hakim dan Sherley dengan Keripik Balado, Kacang Tojin, atau Rakik Maco.

Terakhir, jangan lupa menikmati Es Duren Ganti Nan Lamo di Jalan Pulau Karam yang sangat lezat dalam suasana Restaurant yang bagus. Bukan cuma Ganti Nan Lamo, pas di depannya ada juga Restaurant yang sangat mirip, sama-sama meng-klaim sebagai peninggalan masa lalu, Es Duren Iko Gantinya. Mungkin bagus kalau kita sempat mengunjungi keduanya, soalnya tidak ada yang tidak enak. Kalau masih sanggup, datanglah ke KopMil Om Ping di kawasan Pondok, depan Kelenteng di Chinatown Padang. Banyak sekali variasi Ice Kopi yang ditawarkan. Juga makanan kecilnya. Paling lezat dan yang banyak dipesan tentunya Es Kopi Milo, cuma Rp9000 per gelas.



Es Duren (orisinal) dari Restaurant Ganti Nan Lamo

Seorang Pengamen yang Kreatif memainkan Gitar dan
Memanggul Drum sambil bernyanyi (Rabu, 19 Agustus 2015)

Di Ganti Nan Lamo, ada juga Sate Padang, Pem Pek, atau Gado-Gado Padang



Restaurant Pagi Sore, Jalan Niaga Padang, Jangan lupa menikmati
Ayam Gorengnya yang Lezat.


Restaurant Pagi Sore


Kepala Ikan Pauh di Jalan Katib Sulaeman

Restaurant Pauh

Kopi Milo di KopMil Om Ping Pondok, dekat Kelenteng