Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Friday, 28 August 2015

Simplicity

toto zurianto

Bagaimana agar efisien, efektif dan kompetitif? Sebuah organisasi, selalu harus melakukan langkah-langkah efisiensi. Setiap biaya harus lebih efisien. Selalu memperbandingkan apa yang kita lakukan dengan apa yang dilakukan orang lain, terutama para pesaing. Kalau orang lain, atau perusahaan lain, terutama perusahaan yang sejenis, bisa memproduksi suatu barang dengan cost yang lebih rendah, maka dalam waktu yang tertentu, kita bisa bangkrut.
Efisiensi adalah salah satu ukuran yang selalu harus kita perhatikan. Tentu saja, efektivitas setiap kegiatan, juga sebuah prioritas. Jangan sampai, apa yang kikta lakukan justru akan menjauhkan kita dari suatu sasaran. Efektif juga diartikan sebagai sebuah pencapaian yang hemat, tidak bertele-tele tapi berhasil.
Ketika kita mampu melakukan kegiatan tertentu secara efisien dan efektif, maka sangat mungkin, kita akan kompetitif dibandingkan lawan-lawan kita. Lalu bagaimana cara kita mewujudkan sasaran tersebut? Ada 3 hal yang secara sederhana bisa dilakukan. Meskipun sederhana, biasanya memberikan dampak yang sangat baik. Langkah tersebut adalah dengan melakukan simplifikasi di dalam setiap langkah/kegiatan kita (simplify the workplace). Hambatan-hambatan, proses kerja yang terlalu kompleks, sering membuat kita tidak efisien yang menghabiskan waktu dan biaya.
Pertemuan-pertemuan yang tidak jelas dan bertele-tele, perlu diperbaiki, atau dibatalkan (eliminasi).