Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Sunday, 17 May 2009

Membangun Kinerja

toto zurianto

Performance (p) seorang pegawai biasanya dibangun melalui dua kombinasi penting, yaitu motivasi-nya (motivation) dan kemampuannya (ability). Meskipun memiliki motifasi tinggi, kalau skill-nya (termasuk experience dan personality-nya) tidak mendukung, hasil yang diharapkan tidak bisa tercapai. Motivasi, tidak bisa hanya akibat pertimbangan personal dan emosional, misalnya karena mencintai produk Indonesia, maka kita akan lebih suka bekerja pada perusahaan dari negeri sendiri. Motivasi sangat besar dipengaruhi oleh sistem reward yang berlaku dalam suatu perusahaan, harus bisa memberikan return yang lebih kepada orang yang lebih giat (lebih berhasil) dibandingkan yang kurang. Tidak hanya berupa salary yang competitive, tetapi termasuk juga pada fasilitas, career opportunity, atau kesempatan mengikuti training.

Jangan sampai suatu perusahaan memperlakukan pegawainya dengan konsep "sama rata sama rasa". Pendekatan Differentiation merupakan salah satu pilihan yang saat ini cukup populer dan menjanjikan.

Post a Comment