Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Tuesday, 19 May 2009

MEMIMPIN BUKAN MENGELOLA!

toto zurianto

To Lead, NOT To Manage
Jack Welch, menurut Jeffrey A Krames (The Welch Way; 24 Lessons from the World’s Greatest CEO) adalah orang yang tidak begitu tertarik menggunakan istilah management, atau to manage. Dia lebih menekankan kepada kata-kata leadership, atau to lead. Menurut Welch, mengelola sangat sering diasosiasikan orang dengan istilah mengawasi atau controlling, atau stifling people, atau lebih sadis dengan menyebutkan keeping them in the dark!

Memimpin lebih disukai, karena itulah upaya untuk melahirkan hal-hal baru melalui kreativitas, kemudian bagaimana orang-orang memiliki semangat dan hasrat untuk melaksanakannya. Orang-orang yang passionate adalah orang-orang yang selalu tergugah untuk juga melahirkan hal-hal baru. Mereka sering tidak sabar untuk menanti untuk segera menjalankannya.
Inilah tantangan penting dari seorang pemimpin, bukan sekedar melahirkan ide-ide baru, tetapi bagaimana ketika orang lain begitu berhasrat untuk mewujudkannya. Bahkan membuat suasana laksana sedang berada di medan pertempuran!

Tapi, jangan terlalu detail. Biarkan bagian-bagian lain yang lebih operasional, dilakukan oleh orang-orang yang memang sudah terbiasa menjalankan hal-hal yang teratur dengan lebih cepat dan efisien. Pemimpin atau orang yang memimpin, dituntut untukmelahirkan ide dan memberi passionate. Karena itulah yang lebih penting bagi organisasi, yaitu; mengartikulasi suatu visi agar orang lain bersemangat dan berlomba mewujudkannya. Tidak perlu harus terlibat detail pada bidang-bidang yang tidak menguntungkan kalau dilakukan sendiri. Ada orang lain yang memiliki kemampuan lebih baik dalam melakukan eksekusi.

Juga jangan dilupakan. Disamping merupakan tugas pemimpin untuk melahirkan dan mengartikulasikan ide, buka pintu terhadap ide dari segala penjuru. Masukan ide boleh jadi, datang dari segala sudut. Ide-ide yang cemerlang, bukan selalu menjadi monopoli orang-orang besar. Ide sangat mungkin datang dari bawah, atas, atau samping. Pemimpin selalu membuka opportunity dengan menciptakan passionate, yaitu kegairahan dan hasrat untuk berkreasi!