Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Friday, 22 May 2009

SIMPLIFIKASI, Jangan Berbelit-belit

toto zurianto

SIMPLIFY

Sering sesuatu berjalan tanpa pernah kita sadari. Kenapa pekerjaan cenderung complicated, tidak simple dan suka berbelit-belit? Masalah proses manajemen yang perlu segera dihentikan adalah, proses bisnis yang tidak sederhana, entah akibat ingin lebih teratur, lebih terjaga keamanannya, atau karena sebab lain, kitapun sudah terbiasa membuat proteksi yang berlapis-lapis.

Lihat saja, pada zaman teknologi informasi yang berlangsung sangat canggih dewasa ini, hubungan antara atasan dan bawahan masih sama dengan apa yang dilakukan perusahaan 20 tahun yang lalu. Teknologi informasi dan sistem komputer, sudah sangat well-developed, tapi proses kerja tetap mengandalkan dokumen dan formulir yang berlipat-lipat. Akibatnya pekerjaan menjadi lama, entah apa yang ingin kita dicapai.

Menghadapi situasi tidak menggembirakan seperti itu, ada 2 hal yang perlu segera dilaksanakan, pertama, simplify the workplace. Segera identifikasi hal-hal yang selama ini hanya menghabiskan waktu dan tidak sesuai pada zaman yang serba cepati. Kalau masih ada pegawai yang belum IT literate, segera disempurnakan, bila perlu diganti. Kedua, eliminate complicated memos and letters. Jangan tunggu lagi, anda bertanggung jawab untuk segera melenyapkan penggunaan memo dan surat yang dilakukan secara manual. Jangan tunggu sampai orang lain melakukan kebijakan serupa.

Sekaranglah waktunya, sekaranglah saatnya. Jangan biarkan ide anda membeku, dan anda akan terkejut apabila hal itu nantinya, dengan mudah dilakukan oleh pengganti anda!