Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Friday, 22 May 2009

Memperlakukan Orang dengan Benar

toto zurianto

Perusahaan-perusahaan besar perlu mempunyai sistem Manajemen SDM yang membuat orang (calon pegawai) merasa tertarik untuk bekerja pada perusahaan tersebut, sekaligus memiliki motivasi kerja tinggi, dan tidak berpikir untuk meninggalkan perusahaan karena tertarik pada perusahaan pesaing yang dirasakan lebih. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam rangka mempertahankan pegawai-pegawai terbaik itu (lihat Edward E. Lawler III, dalam buku Treat People Right);
Pertama, membuat posisi Nilai (value proposition) yang menempatkan perusahaan sebagai tempat menarik bari pegawai. Apakah alasan reputasi, gengsi bentuk perusahaan, atau bahkan karena pimpinannya yang dianggap luar biasa. Kedua, Perusahaan hanya menerima (calon) pegawai yang memenuhi nilai-nilai terhormat dengan kompetensi yang tinggi. Pola rekrutmen harus mampu menyaring persyaratan ini, jangan sampai ada pegawai yang tidak mampu memiliki nilai-nilai terhormat perusahaan, tetapi bisa diterima hanya karena alasan memenuhi kompetensi teknikal semata. Ketiga, memiliki sistem reward yang bisa memotivasi pegawai untuk mencurahkan kemampuannya secara maksimal. Tidak ada pekerjaan yang hanya atas dasar kerelaan dan emosional tanpa imbalan yang memadai dan rasional. Hal-hal lain yang harus diperhatikan perusahaan adalah kebijakan training, disain pekerjaan (business process), dan kepemimpinan yang kuat!

Keampuhan dan kemampuan pemimpin perusahaan memberlakukan pegawainya dengan benar, akan menyebabkan pegawai merasa lebih nyaman dan aman mencurahkan kemampuannya untuk menghasilkan prestasi yang tinggi. Hal ini pada akhirnya akan membuat perusahaan menjadi lebih kompetitif dan mampu mewujudkan target yang sudah ditetapkan.