Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Tuesday, 26 May 2009

Meningkatkan Kapabilitas Organisasi

toto zurianto

Kapabilitas Organisasi (organizational capability) adalah bagaimana suatu perusahaan atau organisasi meng-utilisasi resourcesnya, terutama pegawai yang ada dan menetapkan proses bisnis yang terbaik dalam rangka mewujudkan sasarannya. Kapabilitas organisasi ini, selanjutnya dapat pula menjadi identitas suatu organisasi, karena secara unik dapat membedakan antara suatu organisasi dengan organisasi lain. Ada 6 hal penting yang selalu harus diperhatikan dalam rangka meningkatkan kapabilitas suatu organisasi;

Pertama, mempunyai kebijakan Talent yang baik. Suatu organisasi harus mempunyai cara yang unggul dalam rangka memikat pegawai potensial (attract and retain the best people), meningkatkan motivasi kerja, dan mempertahankan pegawai yang highly competent dan memiliki komitmen tinggi.

Kedua, bekerja dalam kecepatan yang tinggi (speed). Paling penting untuk untuk selalu berada di depan dalam merespon kemajuan eksternal dari para kompetitor.

Ketiga, membangun image organisasi yang kuat yang dapat dipercaya, baik oleh stakeholders, maupun oleh pegawai internal (shared-mind set).

Keempat, memiliki tingkat disiplin yang tinggi dalam mewujudkan kinerja organisasi, serta memegang tanggung jawab atas kegiatan yang dilakukan (accountability).

Kelima, secara bersama-sama mampu mewujudkan tugas organisasi. Selalu berupaya untuk menciptakan semangat kolaborasi dan koordinasi demi mencapai tujuan bersama (collaboration). Kolaborasi tidak sulit, apabila trust dapat diwujudkan antar orang dalam organisasi.

Keenam, mempunyai semangat inovasi dan pembelajaran yang tinggi (learning). Harus ada kesadaran pada level pimpinan, bahwa, untuk menghasilkan produk dan jasa yang lebih berkualitas, semangat inovasi dan belajar adalah syarat. Redupnya semangat belajar, akan membuat upaya melakukan inovasi akan lemah dan dipastikan suatu saat akan tertinggal dibandingkan para kompetitor.

Bagaimana asesmen atas 6 point penting ini dalam organisasi/perusahaan anda? Kalau dalam organisasi anda masih memungkinkan untuk ditingkatkan (masih mempunyai ruang gerak untuk improvement), jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Membangun kapabilitas organisasi bukanlah pekerjaan sekejap, tetapi sesuatu yang harus didisain dan direncanakan terus menerus dan berkelanjutan.

Source : Ulrich and Smallwood (2007).