Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Tuesday, 26 May 2009

PEMIMPIN, SELALU SIAP DIEVALUASI

toto zurianto

Pada era yang lebih terbuka dewasa ini, Pimpinan Perusahaan/Organisasi, memainkan peran penting yang tindakannya akan merefleksikan wajah perusahaan di mata shareholders/stakeholders-nya. Tidak hanya pada perusahaan-perusahaan publik, bahkan perusahaan private sekalipun, tidak bisa menghindar dari penilaian terbuka yang sering terlihat sangat kejam. Pimpinan perusahaan laksana hidup bak dalam sebuah rumah kaca yang sangat transparant yang segala tindakannya akan selalu menjadi konsumsi publik, secara internal, kemampuan kepemimpinannya diuji dan diperhatikan bawahannya.

Karena itu, Pemimpin, tidak lagi sekedar mengelola agar perusahaan bisa tetap survive dan berkembang, tetapi reputasi kepemimpinannya bisa selalu terjaga, termasuk persoalan-persoalan pribadi diri sendiri. Tidak ada pilihan, kecuali menjalani kehidupannya yang konsisten, antara pekerjaan dan domain pribadi.