Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Sunday, 7 June 2009

Walk To Work (W2W)

toto zurianto

Walk To Work Community (W2W)

Selain komunitas bersepeda ke kantor (B2W) yang sudah banyak anggotanya, Minggu malam ini (7 Juni 2009) saya menyaksikan seseorang yang saat ini sedang menggalakkan masyarakat cinta jalan kaki, khususnya jalan kaki ke kantor, Walk 2 Work. Tujuan akhirnya adalah menciptakan sustainability, tidak saja dari sisi kesehatan, tetapi lebih luas lagi, bagaimana komunitas ini mampu mendukung ketahanan bumi sehingga bisa dimanfaatkan lebih lama lagi.

Farid, yang muncul dalam sebuah acara di TV One, memaparkan bagaimana yang bersangkutan selama beberapa lama ini telah melakukan kegiatan jalan kaki secara rutin dari rumahnya di kawasan Bekasi ke Kantornya di Jakarta Selatan. Perjalanan itu di tempuhnya selama sekitar 3 jam, biasanya mulai jam 05.00 pagi setelah subuh, sampai dengan sekitar pukul 08.00 WIB. Pulangnya dia biasa meninggalkan kantor setelah jam 10.00 malam, dan sampai ke rumah sekitar jam 01.00 (ke esok-an harinya?).

Tentu diantara kita akan banyak pendapat mengenai aktivitas W2W ini, sebagian mengganggap sebagai kegiatan "orang yang kurang kerjaan" atau mencoba mencari popularitas. Atau ada juga yang mulai malam ini bertekad untuk mencontoh apa yang dilakukan Farid. Terserah, apakah kita setuju atau tidak setuju, tetapi, menurut Farid (dan juga Keluarganya), kegiatan ini telah memberikan manfaat banyak kepada ybs, karena disamping ybs merasa lebih sehat, juga bisa melakukan komunikasi ke banyak orang yang ditemuinya sepanjang perjalanan Bekasi Jakarta setiap hari. Termasuk melakukan napak tilas perjalanan masa lalu yang pernah dilakukannya.

Saya sendiri, cukup tertarik dengan aktivitas jalan kaki ke kantor yang dilakukan Farid, meskipun masih belum menemukan jawaban tepat, kenapa ybs harus menempuh sekitar 6 jam setiap hari (Bekasi - Jakarta Selatan - Bekasi)dan baru sampai di rumah sekitar jam 01.00 malam/dini hari? Pengertian mengenai sustainability, tentu saja memerlukan pemahaman dan bukti yang perlu kita pahami bersama. Mungkin kalau jarak tempuhnya di bawah 2 jam, aktivitas jalan kaki ke kantor menjadi menarik untuk segera kita mulai, misalnya dengan meninggalkan rumah sekitar jam 05.00 pagi dan sampai ke Kantor Pukul 06.30 - 07.00 pagi. Lalu, kenapa tidak meninggalkan kantor sekitar jam 17.00 - 18.00 sore dan tiba kembali di rumah sekitar jam 19.00 - 20.00 WIB.