Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Sunday, 21 June 2009

Pemimpin; Mengabdi dan Berkorban!

toto zurianto

Apa yang akan anda lakukan? Sebagai "pemimpin" apakah anda akan melakukan sesuatu? Kalau anda akan melakukan sesuatu, apa yang berbeda yang anda lakukan dibandingkan dengan apa yang selama ini sudah anda kerjakan? Mengerjakan sesuatu yang berbeda itulah yang membedakan, apakah anda benar-benar seorang pemimpin. Itu yang disebut dengan legacy, ketika anda meninggalkan sesuatu yang tidak pernah dilakukan orang sebelumnya, sesuatu yang banyak manfaatnya, sesuatu yang lebih kekal usianya.

Pemimpin (yang sukses), tidak hanya diukur oleh "hasil" yang dicapai. Dia mampu mewujudkan sesuatu berupa hasil, tetapi yang dilakukannya lebih besar dari hasil. Pemimpin hebat melakukannya dengan penuh tanggung jawab (responsibility) atas hal-hal yang secara significance penting dan perlu dilakukan. Lalu siapa yang menikmatinya? Luas sekali, mulai dari keluarga sendiri, masyarakat, organisasi, bangsa, bahkan lingkungannya.

Jadi pemimpin, memerlukan sifat-sifat untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Sifat ini termasuk sebagai perilaku yang suka melayani, bukan untuk dilayani. Disamping itu, ia juga terbiasa untuk berkorban, bukan sebaliknya suka mengambil kredit atas pengorbanan orang lain.