Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Thursday, 18 June 2009

Managing Human Capital

toto zurianto

Banyak Pimpinan dan CEO yang sepakat bahwa, untuk mengantarkan suatu organisasi atau perusahaan, mencapai prestasi yang tinggi, terutama akan ditentukan oleh profile SDM yang ada di organisasi/perusahaan itu. Lalu upaya seperti apa yang perlu dilakukan untuk menciptakan SDM yang berkinerja tinggi (high performance), mudah dilihat dari cara-cara Pemimpinnya dalam mengelola SDM-nya. Paling simple adalah, bagaimana seorang CEO atau Board mengalokasikan waktunya secara serius membahas isu-isu pengelolaan SDM-nya, misalnya ketika melakukan proses akuisisi (rekrutmen), seberapa besar waktu dan pikirannya dikerahkan untuk mendapatkan SDM pada posisi kunci yang diperlukan perusahaan. Disamping itu, tentunya pembahasan pada proses pengembangan (development), performance management, atau bahkan mengenai karir pegawai pada posisi-posisi tertentu. Tapi, jangan sampai para pemimpin juga terlibat terlalu jauh sehingga sangat suka untuk campur tangan dalam menentukan SDM pada posisi di level menengah dan bawah.

Keseriusan dan kesungguhan para Pimpinan untuk terlibat, serta tentunya bertanggung jawab pada proses SDM, terutama untuk level top management, adalah salah satu sinyal yang memperlihatkan keseriusan bagi Pimpinan untuk menciptakan organisasi yang kuat, dan diharapkan mampu bersaing dengan kompetitornya.
Post a Comment