Thursday 23 July 2009

Kilometer 0



toto zurianto

Beberapa tahun yang lalu, bangunan ini masih digunakan sebagai Kantor Walikota Medan. Dibelakangnya ada bangunan yang digunakan sebagai Kantor DPRD Kota Medan. Setelah itu, Kantor Walikota menempati gedung baru, sekitar 300 meter dari gedung ini, di samping Sungai Deli. Dan Gedung DPRD Kotamadya Medan juga pindah di sekitar Kantor Walikota.

Sekarang, bangunan eks kantor walikota masih ada, tetapi seluruh bangunan di belakangnya berubah menjadi bagian dari Hotel Aston Medan yang segera beroperasi. Sedangkan eks Kantor Walikota konon tetap dipertahankan, dan akan menjadi simbol kilometer 0 Kota Medan ke segala penjuru. Dulu dari titik 0 ini, jarak ke Banda Aceh sekitar 600 Kilometer, Padang 800-an Kilometer, Pematang Siantar sekitar 120 Kilometer, Tebing Tinggi 80 Kilometer, Binjei 21 Kilometer, dan Belawan sekitar 26 Kilometer.

Kita tetap perlu menjaga kelestarian bangunan kuno ini. Banyak sekali bangunan menarik dan perlu dipertahankan di Medan, seperti; Kantor Pos (tahun 1911), Gedung Bank Indonesia, eks. Kantor Walikota Medan, Stasiun Keretaapi, dan kawasan pertokoan di Kesawan (Jl. Ahmad Yani sekarang).

No comments: