Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Thursday, 9 July 2009

Pemimpin; Apakah anda masih dipercaya?

toto zurianto

Aspek penting yang harus dibangun dan dituntut untuk selalu ada pada diri seorang Pemimpin adalah, kepercayaan. Tidak hanya dipercaya oleh orang-orang yang dipimpinnya, tetapi termasuk pula para customers atau stakeholders eksternal.

Apa indikator penting yang bisa kita jadikan pertimbangan untuk mengukur kadar kepercayaan (trusted) orang terhadap kepemimpinan anda (Maister, et all)?

Pertama, semakin banyak orang yang menginginkan pandangan (advice) anda. Ini menunjukkan anda memiliki kompetensi yang bagus sehingga apa yang anda katakan, bukan saja dirindukan, tetapi sekaligus dilaksanakan. Jangan biarkan anda berbuih dan berbusa menyampaikan gagasan anda, tetapi hanya dianggap angin lalu dan langsung dilupakan.

Kedua, semakin banyak persoalan-persoalan yang lebih strategis yang harus anda tangani, bukan sekedar isu sederhana yang bersifat operasional yang kejadiannya hanya mengulang-ulang saja.

Ketiga, anda semakin dihargai dan dihormati (get more respected). Kadang-kadang banyak orang yang tidak peka, tidak tahu bahwa dia, sebagai pemimpin sebenarnya sedang tidak dihargai bawahannya, tidak dihormati sama sekali. Karena itu, cobalah selalu melatih kepekaan anda, jangan sampai kita seperti "muka tembok", tidak tahu bahwa kehadiran kita sebenarnya, sama sekali tidak dihargai dan tidak dihormati. Orang-orang yang ada disekeliling anda, sedang merasa terpaksa, karena anda, secara formal, adalah seorang boss!

Keempat, semakin banyak orang yang merekomendasikan diri anda kepada teman-temannya, karena anda dinilai lebih mampu dan bisa menyelesaikan persoalan-persoalan mereka. Banyak teman-teman baru yang menghubungi anda karena direkomendasikan oleh client anda.

Kelima, semakin sedikit orang-orang yang merasa tertekan (stress) karena kehadiran anda. Banyak pemimpin yang kurang menyadari bahwa kehadirannya cenderung membuat orang stress dan disenggaged!

Keenam, banyak orang yang secara ikhlas memaafkan anda ketika anda melakukan kesalahan (forgive you when you make a mistake).

Ketujuh, banyak orang yang mengingatkan anda ketika anda berada dalam bahaya atas sesuatu yang mungkin bisa menimpa anda. Pemimpin yang trusted selalu dilindungi, bahkan oleh orang yang tidak begitu anda kenal

Kedelapan, anda sering diundang dan dilibatkan orang lain (clients) dalam mengatasi persoalan mereka, bahkan sejak awal, bukan hanya ketika anda sedang mengalami persoalan.

Kesembilan, selalu lebih mempercayai anda di dalam melakukan adjustment. Pertimbangan dan instinct anda sangat dihargai.

Kesepuluh, banyak orang yang tidak ragu mengemukakan pendapat dan informasinya kepada anda tanpa takut akan tersebar kepada orang-orang yang tidak berkepentingan yang bisa menyulitkan mereka. Mereka menyadari, hal ini pada akhirnya akan membawa kebaikan bagi diri mereka sendiri.

Silahkan anda lihat secara jeli, bagaimana 10 indikator ini bekerja, apakah sudah cukup bagus, atau anda harus meng-improve-nya sehingga menjadi lebih baik.