Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Wednesday, 8 July 2009

Meningkatkan Akuntabilitas

toto zurianto

Kenapa kita suka mempertanyakan akuntabilitas orang? Karena Akuntabilitas adalah inti dan menjadi jantung dari suatu proses, atau eksekusi suatu kegiatan/aktivitas. Akuntabilitas sendiri, diartikan sebagai rasa kepemilikan yang kuat dari suatu individu/team dan tanggung jawab atas pelaksanaan suatu pekerjaan.

Pada organisasi yang besar, sering terlihat, sangat banyak pegawai yang responsible, tetapi tidak banyak yang accountable. Juga di perusahaan kecil, sering pula tidak jelas, siapa melakukan apa.

Membangun akuntabilitas memang susah-susah gampang. Tetapi sering tidak banyak orang yang merasa harus menciptakannya. Implementasinya, lebih banyak berhubungan dengan standar pelaksanaan pekerjaan, konsekuensi dari pekerjaan yang dilakukan, dan mekanisme feedback yang bisa dijalankan. Di sisi lain, akuntabilitas, merupakan bagian dari professional behaviour (perilaku profesional) yang berhubungan dengan level intellectual karyawan/pimpinan perusahaan. Pada perusahaan-perusahaan yang sudah modern, biasanya cukup mudah menciptakan perilaku yang akuntabel, terutama dimulai dari para Top Management yang ada.