Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Tuesday, 4 August 2009

Bersikap Apa Adanya

toto zurianto

Bersikap apa adanya, di banyak kelompok masyarakat di Indonesia, sering dianggap tidak terlalu pas. Orang umumnya sangat menyukai sikap basa-basi, tidak terlalu berkata apa adanya. Banyak hal yang kurang terungkap atau terlihat lebih tersembunyi, pada pola hubungan antar manusia. Biasanya, kita selalu lebih hati-hati untuk berkata apa adanya. Kalaupun kita ingin mengetuk kaki seseorang, hendaknya kaki itu kita alas terlebih dahulu agar ketukannya tidak terasa sakit. Kritikan sangat tidak dianjurkan pada kelompok masyarakat yang suka berbasa-basi. Biasanya, kalau kita ingin menyampaikan suatu pendapat, banyak diantara kita yang mencoba mencari jalan alin yang berputar-putar, dengan harapan, tanpa diberitahu, lawan bicara kita mampu menebak hal-hal yang akan kita katakan.

Organisasi yang masih mempertahankan sikap basa-basi, umumnya sudah tidak sesuai dengan tuntutan zaman yang serba cepat dan modern ini. Meskipun masih banyak karyawannya yang mencoba mempertahankan pola hubungan yang tradisionil ini, secara perlahan, gerakan kearah yang talk straight menjadi semakin banyak.