Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Tuesday, 11 August 2009

Good is the Enemy of Great

toto zurianto

Jim Collins membuka bukunya dengan kata-kata “Good is the Enemy of Great”. Saya pikir maksudnya adalah, apabila hari ini atau tahun ini kita melakukan hal-hal yang tidak terlalu berbeda dengan yang kita lakukan tahun lalu, maka sebenarnya kita tidak melakukan apa-apa. Orang yang cukup puas dengan hal-hal yang telah ada, telah kehilangan identitas dan eksistensinya. Bayangkan seorang pimpinan yang taunya cuma mengulang-ulang program kerja tahun sebelumnya, mengutak-atik sedikit, menaikan persentase pencapaian dari 10% menjadi 12%, atau dari 80% menjadi 85%. Alangkah mudahnya, dapat dikatakan keberadaannya menjadi tidak diperlukan karena semua orang tinggal membuka file tahun lalu dan mengulang apa yang sudah dilakukan sebelumnya.

Oleh karena itu, inisiatip adalah sesuatu yang diperlukan yang bisa membedakan antara yang rutin dan tinggal mengulang dengan sesuatu yang baru, orisinil, dan bisa menyumbangkan manfaat bagi organisasi. Kita tidak memerlukan banyak orang, apalagi level pemimpin kalau kita hanya sekedar mengulang-ulang. Mungkin kita hanya sekedar memerlukan panitia, beberapa orang melakukan kegiatan sama berulang-ulang, sering-sering dengan proses yang lebih tidak efisien.

Jadi, musuh utama untu mencapai sesuatu yang lebih baik, sesuatu yang lebih hebat, tidak lain, kita tidak boleh merasa sudah bagus! Kita akan kehilangan kreativitas ketika apa yang kita kerjakan terlihat sudah bagus, padahal orang di luar sana sudah bergerak lebih cepat yang membuat kita secara relatif sudah ketinggalan!