Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Friday, 28 August 2009

What is a Leadership?

toto zurianto

Leadership adalah suatu hubungan, hubungan antara seseorang yang memiliki kemauan/keinginan untuk memimpin dengan orang-orang memilih untuk mengikuti hal-hal yang dikatakan pemimpin. Oleh karena itu, kepemimpinan memerlukan perekat, daya engaged. Bagaimana sekelompok orang bisa merasa dekat dan rekat dengan orang yang memimpinnya yang memberi inspirasi, membangkitkan semangat, memperluas wawasannya sehingga mampu membuka pori-porinya yang sebelumnya tertutup, untuk mengalir kembali membawa perubahan, ide, dan kreativitas.

Bisa saja seorang pemimpin itu sudah di-equip dengan kekuasaan formal sesuai keputusan pengangkatannya sebagai Pemimpin, tetapi ketika dia tidak mempunyai daya enggaged, kemampuan magis, dan daya pikat bagi orang untuk bekerja tanpa harus diperintah, maka kepemimpinannya biasanya menjadi tidak efektif. Dapat dikatakan, dia akan kesulitan untuk melahirkan legacy, bahkan untuk sekedar mencapai sasaran simple yang sudah ditetapkan.

Tetapi, on top of anything, Leadership adalah Kepercayaan, Trusted! Tidak ada keintiman, tidak ada daya enggagedment, ketika Trust tidak tercipta. Trust adalah inti dari suatu kepemimpinan. Karena hanya melalui trust, seseorang bisa mengandalkan nyawanya kepada orang lain. Karena ketika kita mempercayai seseorang, berarti kita telah haqqul yaqqinn, bahwa orang yang kita percaya adalah orang yang tidak akan menghianati kita. Bukan harus memperjuangkan segala hidup kita, tetapi dia tidak pernah berkata beda di belakang kita. Dia selalu, berkata apa adanya (talk straight). Ketika kita bagus, dia memberikan ucapan hangat, bukan sekedar memuji tetapi memberikan gairah dan energi bagi kita untuk berbuat lebih banyak. Juga ketika kita memiliki kekurangan, ketika jalan kita terseok dan keliru, dia tidak ragu memberikan kritik, memberi masukkan, agar kita menjadi lebih baik. Bahkan dia rela menentang kita ketika kita dirasakan sudah keluar dari jalur kebenaran!

Tidak selalu sederhana, ketika kita ingin mengetahui, apa sebenarnya yang kita maksudkan dengan istilah Leadership. Kita tidak sepenuhnya bisa menjadi leader ynag ampuh yang meninggalkan legacy, kalau kita tidak menghadirkan semangat dan keamanan bagi lingkungan. Hanya melalui Trusted, kita bisa melahirkan kepemimpinan yang hebat.