Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Wednesday, 26 August 2009

Visi yang Hebat, atau Orang yang Tepat

toto zurianto

Pimpinan selalu gamang ketika harus memilih, apakah harus memilih orang-orang yang mempunyai visi hebat (visionary) atau orang-orang yang tepat Kompetensi dan Perilakunya (competence and character). Tetapi perusahaan-perusahaan kelas Hebat, ternyata lebih mengedepankan orang yang pas Perilaku dan Karakternya.

Survey perusahaan-perusahaan Hebat oleh Jim Collins (Good to Great) membuktikan hal tersebut. Tentunya tidak selalu harus sama di masing-masing negara dan masyarakat, karena basis asumsi yang digunakan sering tidak sama. Tetapi setidak-tidaknya, penelitian itu, memberikan masukan penting bagi semua pemimpin dunia, bahwa, orang-orang yang tepat Kompetensi dan Karakternya, sering terbukti bisa memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan, misalnya, hanya melihat visi awal yang sering menggbu-gebu dari pegawai yang bersangkutan.

First Who ..... Then What! Kata Jim Collins. Pemimpin, perlu memilih! Ketika dia harus mengambil dan menyusun tim kerja, maka pilihlah orang-orang yang tepat Kompetensi dan Karakternya, dan dengan tegas tidak memilih orang-orang yang tidak tepat! Istilahnya, "the first got the right people on the bus, the wrong people off the bus". Setelah itu, barulah kita menempatkannya pada tempat duduk yang pas (the right seat), baru melaju mewujudkan tujuan sesuai yang kita inginkan.