Toto Zurianto

My photo

Toto Zurianto, alumni Fakultas Ekonomi USU (1986) dan Swinburne University of Technology, Melbourne (1994).
Lahir di Kayuaro (Kerinci, Jambi), pernah tinggal di Medan (1967-1970) dan (1976-1987), Lampahan (Aceh Tengah), Karang Inou (Aceh Timur), Padang (1975), dan di Jakarta (Cinere) sejak 1987. Pernah di Melbourne (1992-1994)!

Wednesday, 26 August 2009

HR Development - One Page Summary

toto zurianto

Untuk mempermudah proses assessment, sudah lama dikenal suatu tool sederhana yang disebut One Page Summary. Artinya, dalam memberikan uraian mengenai capability dan performance seseorang dengan cara ringkas, 1 atau 2 halaman saja. Tujuannya tentunya, agar dalam waktu yang singkat, seorang assessor, baik Line Manager maupun Pimpinan Puncak Perusahaan (CEO) bisa mengetahui kekuatan dan kehebatan anak buahnya, serta berbagai assignment yang pernah diikutinya, ataupun harapan ke depan yang diinginkan anak buahnya sehubungan dengan penugasan dan karirnya.

One Page Summary (OPS), dewasa ini tidak harus ditulis dalam lembaran kertas (manual) yang diketik, lalu dicetak dan diberikan ke pengguna. OPS bisa dibuat dalam Sistem Informasi Sumber Daya Manusia, sehingga bisa diisi cepat, di-upate oleh pegawai yang bersangkutan apabila ada sesuatu perubahan yang siknifikan, dibaca oleh pihak-pihak yang mempunyai authority!

Dengan OPS, proses pengisian data, bisa pula diintegrated-kan dengan data pegawai keseluruhan, baik mengenai perkembangan personal, training, hasil assessment center, perkembangan prestasi pegawai (achievent), dan berbagai info penting lainnya. Jadi OPS, sebenarnya bisa kita kategorikan sebagai ringkasan penting suatu curriculum vitae pegawai yang berguna bagi pemimpin, terutama untuk mencari orang yang tepat untuk mengisi posisi yang lowong atau diantisipasi akan lowong dalam waktu dekat.